Diet Makanan pada penderita Thalassemia

Penderita thalassemia berpotensi mengalami penumpukan zat besi yang berbahaya bagi kesehatan tubuhnya. Padahal, zat besi yang berlebih bisa menyebabkan keracunan bagi tubuhnya. Oleh karena itu, makanan yang kadar kandungan zat besinya tinggi harus mereka hindari. Oleh para dokter, para penderita thalassemia biasanya diminta menjalankan diet zat besi.

Karena itu, cukup banyak makanan yang harus dipantang oleh mereka. Makanan pantangan itu antara lain daging berwarna merah, hati, ginjal, sayur-mayur berwarna hijau, roti, gandum, alkohol, serta telur ayam dan telur bebek.

Namun, tak semua makanan yang punya kandungan zat besi tak boleh dimakan. Kandungan besi pada batas moderat masih bisa dikonsumsi oleh para penderita thalassemia. Misalnya, daging yang berwarna putih seperti daging ayam dan babi. Begitu pula dengan sayur-mayur berwarna cerah seperti sawi dan kol. Makanan yang mengandung zat besi rendah antara lain nasi dan mi, roti, biskuit, serta umbi-umbian (root vegetables) seperti wortel, labu, bengkoang,dan lobak.

Segala macam ikan juga mengandung protein yang tinggi namun punya zat besi rendah, sehingga bisa masuk daftar menu harian. Begitu juga dengan susu, keju, dan buah-buahan. Tapi tidak demikian halnya dengan buah kering yang punya kadar zat besi telah jauh melebihi batas normal zat besi yang seharusnya.

Penderita thalassemia umumnya memiliki kadar hemoglobin yang sangat rendah. Itulah sebabnya, transfusi darah untuk mendongkrak hemoglobin wajib ditempuh. Jika belum sampai pada kesimpulan itu, para dokter menyarankan penderita rutin diberi kacang merah.

Di sini, penderita atau orang tua harus kreatif. Banyak ragam resep agar makanan berbahan kacang merah menarik bagi pasien. Sebab, pada anak-anak yang punya penyakit ini cenderung susah dan malas makan. Makanya, tak sedikit anak thalessemia punya berat badan di bawah ukuran normalnya.

Pada penderita thalessemia, buah-buahan serta sayur-sayuran yang mengandung asam folat juga dianjurkan antara lain brokoli, susu, dan bayam.

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 27/09/2010.

2 Responses to “Diet Makanan pada penderita Thalassemia”

  1. Hay, sya mau nanya..,
    sya pnya penyakit thalessemia., apkh pnyakit ini gk bsa disembuhkan,?
    apkah gk ada Obat atw cara laen yg bsa menyembhkan penyakit ini,?
    makasih…,

  2. kata dokter ku itu penyakit bawaan,,,,, hahahahhahaha,,saya juga punya kop, itu masalah pada genetik, jadi bukan faktor luar,,,,
    buat smbuhin sih ngak ada, yang penting jangan buat badan kecapean biar ngak drop…..
    banyak makan, karena ternyataa tubuh besar membantu untuk mengeluarkan tenaga bertahan, kayak saya…waktu hb saya 5,2 saya masih bisa jalan – jalan dan ketawa2 yah walau kadang pusing,tapi ternyata badan saya yang agak berisi dan sehat (karena dulu saya suka olah raga) membuat saya jadi kuat kemana – mana….sekarang saya agak menyesal datang ke dokter,,,soalnya saya sekarang tau kalo badan saya sudah tidak bisa dibawa kerja berat lagi……..wkwkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: