Hiperleukositosis – Tumor Lisis Sindrom

Prosedur ini sebagai acuan dalam menegakkan diagnosis dan penanganan Hiperleukositosis dan Tumor Lisis Sindrom.

Definisi :

Hiperleukositosis adalah jumlah leukosit, darah tepi yang melebihi 100.000/m.

Tumor Lisis Sindrom merupakan kondisi kelainan metabolik sebagai akibat nekrosis sel-sel tumor atau apoptosis fulminan, baik yang terjadi secara spontan maupun setelah terapi.
Kelainan yang terjadi meliputi : hiperkalemia, hiperurisemia, hiperfosfatemia, dan hipokalsemia.

1. Diagnosis

Tidak didapatkan keluhan atau manifestasi klinis yang khas dan spesifik. Keluhan dan kelainan klinis yang timbul merupakan perwujudan kelainan metabolik yang mendasari.

Hiperkalemia : gangguan konduksi jantung, kelemahan otot berat hingga kelumpuhan.

Hiperusisemia dan hiperfosfatemia : nefropati hingga gagal ginjal akut.

Hipokalsemia : tetani, kejang, demensia, gangguan kesadaran, parkinson (gg extrapyramidal), papiledema, gg emosi, cemas, agitasi, myopati

2. Cairo-Bishop Definition

  • Laboratorium tumor lysis syndrome: abnormalitas dari 2 atau lebih hasil pemeriksaan laboratorium dibawah yang timbul 3 hari sebelum atau 7 hari setelah kemoterapi
    • uric acid > 8 mg/dL atau meningkat 25%
    • potassium > 6 meq/L atau meningkat 25%
    • phosphate > 4.5 mg/dL atau meningkat 25%
    • calcium < 7 mg/dL atau meningkat 25%
  • Klinis tumor lysis syndrome: laboratorium tumor lysis syndrome disertai satu atau lebih :
    • peningkatan serum creatinine (1.5 normal)
    • cardiac arrhythmia atau sudden death
    • kejang

3. Terapi

Tujuan pengelolaan sindrom lisis tumor adalah mencegah gagal ginjal dan ke tidak seimbangan. Dengan hidrasi yang adekuat melalui cairan intravena D5 + NS 3 liter/m2 luas permukaan tubuh perhari akan memperbaiki gangguan elektrolit, meningkatkan volume intravaskuler, meningkatkan aliran darah ke ginjal, meningkatkan GFR dan volume urine dan mengurangi kemungkinan dialisis. Elektrolit yang berat, untuk itu biasanya dilakukan dengan meningkatkan produksi urine, menurunkan konsentrasi asam urat, dan meningkatkan kelarutan asam urat dalam urine.

Hidrasi
Hidrasi intravena dilakukan 24-48 jam sebelum kemoterapi dan dilanjutkan? sampai 48-72 jam sesudahnya akan menurunkan kecepatan pengendapan urat di ginjal dan meningkatkan klirens urea. Hidrasi dilakukan dengan cairan D5 + NS 2-4 kali kebutuhan rumatan, dengan demikian GFR dan produksi urine akan meningkat. Produksi urine dipertahankan tidak kurang dari 3 ml/kg/jam untuk anak < 9 tahun atau 90-100 ml/m2? luas permukaan tubuh/jam untuk anak yang lebih tua dengan BJ urine tidak lebih dari 1,010. Kalium dan kalsium harus dihindari dalam cairan intravena.
Diuretik bisa diberikan pada pasien dengan produksi urine yang tidak adekuat. Jika produksi urine 60 ml/m2/jam, manitol dapat diberikan dengan dosis 0,5 mg/kbBB selama 15 menit kemudian diikuti dengan pemberian furosemid 1-2 mg/kg berat badan. Penggunaan diuretik, khususnya furosemid bisa dipertimbangkan pada penderita yang sudah terhidrasi dengan baik tapi produksi urine belum adekuat, pada penderita normovolemik dengan hiperkalemia, dan pada penderita yang terbukti mengalami overload cairan.

Alkalinisasi Urine
Penggunaan natrium bikarbonat isotonis secara intravena untuk mendorong diuresis alkali mempunyai efek meningkatkan kelarutan asam urat dan mengurangi pengendapan asam urat intratubuler. Penambahan? natrium bikarbonat 40-80 mEq/liter, 100-125 mEq/m2 atau 75-100 mEq/liter cairan hidrasi akan membuat pH urine berkisar antara 7,0-7,5 dan BJ urine tidak lebih dari 1,010 sehingga eksresi asam urat menjadi lebih efisien.

Pengobatan Hiperurisemia
Beri alopurinol? dosis 10 mg/kk bb/hari

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 21/09/2008.

One Response to “Hiperleukositosis – Tumor Lisis Sindrom”

  1. dok, ternyata ada manfaatnya juga ya ikut fellow di Hemato FKUI..hihihi…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: