Bakaran Incense Picu Kanker

Membakar incence pengharum ruangan cukup ampuh membuat suasana lebih rileks dan segar, sebagian lagi bahkan dipercaya menghalau stres. Namun tidak semua incense menebarkan manfaat positif, sebab banyak jenis justru memicu masalah pernafasan.

Dalam kepercayaan tradisional membakar incense termasuk menyan bubuk adalah bagian dari upacara agama dan budaya. Kebiasaan ini amat populer di Asia, lebih ngetop dibanding penduduk negara Barat penganut serba New Age sekalipun.

Bahan incense biasanya berasal dari tumbuhan seperti kulit pohon, minyak atsiri, akar, bunga, dan minyak esensial. Pada riset sebelumnya ditemukan bahwa bakaran tersebut berpotensi mengundang substansi penyebab kanker seperti benzene dan hidrokarbon poliaromati.

Dalam sebuah survei teranyar pada lebih dari 61 ribu warga etnis Cina yang tinggal di Singapura sepanjang 12 tahun terakhir, peneliti menemukan kaitan erat antara pengunaan incense kelas berat dengan berbagai jenis kanker aluran pernafasan.

Saat survei penduduk Singapura, pria dan perempuan berusia antara 45-74 tahun dari dialek Hokian dan Kanton, bebas kanker apapun. Kemudian partisipan mencatat setiap aktifitas membakar incense di rumah, berapa lama, pagi, siang, sore, malam hari, atau secara acak.

Selama 12 tahun pengamatan pada sebanyak 325 pria dan perempuan berkembang kanker pada bagian atas saluran pernafasan seperti nasal, mulut, dan tenggorokan. Sebanyak 821 lainnya positif mengidap kanker paru-paru.

Para pembakar incense kelas berat terdeteksi banyak yang mengidap jenis kanker yang dinamakan sel squamous karsinoma, tumor yang mendorong pertumbuhan sel liar di dalam dan luar permukaan kulit.

Selain faktor incense, penelitian ini pun memasukkan faktor lain seperti kebiasaan merokok, minuman keras, dan diet. Seperti dikatakan ketua tim peneliti Dr Jeppe T Friborg dari Statens Serum Institute Kopenhagen, kebiasaan ini mesti mendapat perhatian seperti halnya asap rokok. Karena memiliki implikasi kesehatan publik.

Etnis Cina di Singapura memiliki kebiasaan membakar incense jenis lidi panjang dan yang berbentuk putaran seperti obat nyamuk. Jenis-jenis ini tergolong perlu waktu lama untuk dibakar habis.

Sumber : Inilah.com

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 11/09/2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: