Kanker pada Anak

KANKER pada anak masih kurang mendapat perhatian masyarakat maupun pemerintah di negara berkembang. Tidak semua orang tua mengetahui bahwa anak-anak pun dapat terserang penyakit kanker. Penyakit ini dapat timbul dan berasal dari berbagai organ dalam tubuh dan bahkan janin serta bayi pun dapat mengidap kanker.
Berdasarkan fakta ini lintas timbul anggapan bahwa ada sesuatu yang tidak semestinya terjadi dalam perkembangan sel atau jaringan organ anak yang karena sesuatu pencetus menyebabkan terjadinya kanker. Sesuatu tersebut akhirnya diketahui sebagai kelainan di dalam gen yang merupakan bagian dari pembawa dan penentu sifat sel makhluk hidup, yaitu DNA (deoxy ribonucleic acid).

Kanker pada anak usia dibawah 15 tahun memang kecil, yaitu kurang dari 1% dari seluruh penyakit kanker pada manusia. Di Indonesia proporsinya kurang lebih sama dengan negara Barat.

Penyebab kanker anak hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti, namun bebrapa hal yang diduga sebagai penyebab adalah gabungan dari faktor genetik dan lingkungan. Faktor lingkungan yang sering diduga adalah radiasi, virus, dan bahan-bahan kimia.
Berbagai jenis kanker pada anak yang cukup banyak ditemukan, antara lain leukemia akut (kanker darah), retinpblastoma (kanker pada retina mata), lymfomalignum (kanker kelenjar getah bening), neuroblasma (kanker saraf), tumor wilms (kanker ginjal), tumor otak, rabdiomiosarkoma (kanker jaringan ikat dan otot), osteosarkoma (kanker tulang).

Tetapi yang perlu ditekankan kepada masyarakat, adalah kanker dapat disembuhkan. Kesembuhan sempurna adalah tujuan utama. Untuk mencapai kesembuhan, orang tua harus menyadari bahwa pengobatan kanker tidak seperti mengonati penyakit infeksi umumnya. Leukemia limfoblastik akut, misalnya, waktu pengobatan rata-rata dua tahun yang pada masa menjalani pengobatan orang tua harus patuh, disiplin dan berobat sesuai dengan jadwal, serta semua obat kemoterapi harus tersedia.

Kanker darah
Gejala: Demam yang berlangsung lama, penyebab tidak jelas, perdarahan-perdarahan yang abnormal di kulit, gusi, hidung, nyeri tulang, perut yang membesar dan teraba keras serta sudah tentu adanya rasa lesu, lelah,dan pucat dan anak-anak iritable. Kadang-kadang ditemukan adanya benjolan-benjolan dikulit, leher, pembengkakan gusi, kelihatan biru-biru di kelopak mata atas, nyeri kepala. Anak-anak yang sering terkena antara 3-6 tahun. Kanker darah ada dua jenis, yaitu leukimia limfoblastik akut dan leukemia mieloblastik akut.

Kanker retina mata
Gejala: Bercak putih pada bagian tengah mata yang seolah-olah bersinar, sering disebut juga gejala “mata kucing”. Mata kelihatan juling dan bila berlangsung agak alama bola mata menonjol dan penglihatan menjadi terganggu, terlebih bila mengenai kedua bola mata. Paling sering dijumpai pada anak usia enam hingga 29 bulan.

Kanker kelenjar getah bening
Gejala: Pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat di daerah leher, ketiak, dan daerah dada sebelah dalam serta perut. Bila timbulnya di daerah dada/rongga dada, pembesaran kelenjar disini akan dapat mendorong atau menekan saluran napas sehingga tidak jarang menyebabkan anak sesak napas dan batuk-batuk. Yang paling sering terkena adalah kelenjar getah bening di perut, karena akan dapat menyebabkan sumbatan pada usus dan sakit perut, muntah, dan sangat susah buang air besar. Usia yang paling sering terkena kanker ini adalah 7-10 tahun dan jarang di bawah usia dua tahun.

Sejenis kanker saraf
Gejala: Awalnya sering tidak spesifik. Pada bayi gejala awalnya pembesaran hati yang cepat disertai dengan ada benjolan pada kulit dengan warna kebiruan.

Kanker tulang
Gejala: Pembengkakan progresif disertai rasa nyeri dan demam. Lokasi tanda dan gejalanya sering dijumpai pada tulang-tulang punggung bagian bawah, tulang paha, bagian atas tulang tungkai dan bagian atas tulang lengan atas. Tulang yang terkena kanker dapat patah dengan sendirinya dan dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh.

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 02/09/2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: