Menghitung dosis obat anak

Obat untuk anak biasanya dihitung menurut berat badan. Ada yang dihitung kebutuhan sehari dibagi 3 dosis, ada yang dihitung per kali, lalu diberikan tiga dosis. Sayangnya ekmasan obat sering tidak seragam. Kapsul A dan B dari obat yang sama berisi dosis yang lain. Satu sendok dapat berisi miligram obat yang berbeda.

Penurun demam

Obat standar biasanya parasetamol (generik) yang dijual dengan nama dagang Tempra, Panadol, Sanmol, Bodrexin dll. Dosis parasetamol adalah 10-15 mg/kgBB/kali. Misalnya anak dengan berat badan 10 kg memerlukan parasetamol 100-150 mg setiap kali pemberian. Sayangnya, takaran parasetamol berbeda-beda. Satu sendok 5 ml dapat berisi parasetamol 125 mg, 160 mg, atau 250 mg (bentuk Forte). Setiap 0,1 ml drops berisi parasetamol 10 mg.

Masa kerja parasetamol agak pendek, sehingga sering memerlukan 4 kali pemberian/hari. Parasetamol tidak merangsang lambung, tetapi pemberian terlalu banyak dan terlalu lama menyebabkan gangguan fungsi hati.

Obat standar lain misalnya ibuprofen (Proris). Dosis adalah 10 mg/kgBB/kali. Setiap sendok obat 5 ml dari Proris Suspensi berisi 100 mg, sedangkan Proris Forte berisi 200 mg. Proris sebaiknya diberikan setelah makan untuk menghindari iritasi lambung.
Obat pilek

Yang paling sering adalah pseudo-ephedrin, misalnya Alco, Actifed, Neo-Triaminic. Kemasan dalam bentuk drops memudahkan pemberian untuk anak kecil. Untuk bayi kurang dari 1 tahun diberikan 0,2-0,4 ml setiap kali, boleh diulang 3 kali sehari. Obat ini menyebabkan mengantuk.
Obat batuk

Obat batuk hitam masih menjadi standar. Boleh diberikan. Selain itu sering digunakan Bisolvon atau Mucopect untuk mengencerkan lendir.
Obat diare

Sebenarnya sebagian besar diare disebabkan oleh virus dan akan sembuh sendiri dalam 3-4 hari. Obat terpenting adalah menjaga agar tidak terjadi kekurangan cairan tubuh. Pemberian larutan gula-garam merupakan hal paling penting. Pedialyte merupakan cairan gula-garam yang komposisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Berikan sebanyak jumlah feses yang keluar, kira-kira 30-50 cc setiapo mencret. Bila menggunakan oralit, harus di encerkan karena komposisi oralit dirancang untuk orang dewasa. Oralit untuk 200 ml diencerkan sampai 300 ml.
Takaran obat sering menyusahkan.

Drops. Sering digunakan untuk memberikan obat berbentuk cair untuk bayi. Ada pipet dengan ukuran, misalnya 0,4 ml; 0,3 ml. Ada pula pipet yang digunakan untuk menghtung tetesan, misalnya 3 x 10 tetes. Obat berbentuk tetesan jangan diberikan langsung ke mulut bayi karena bisa kelebihan bila obat menetes dengan cepat.Pipet juga jangan langsung, karena pipet menjadi kotor bila tersentuh mulut.

Sendok obat. Satu sendok the dimaksudkan sama dengan satu sendok obat, yang berkuran 5 ml. Biasanya ada gars di tengah menunjukkan 2,5 ml. Satu sendok makan artinya 15 ml.

Puyer. Dokter di Indonesia masih suka memberi puyer. Biasakan untuk meminta copy resep sehingga kita tahu apa yang diberikan kepada bayi. Buka puyer dan tuangkan isinya ke dalam sendok kecil. Lalu berikan air, di aduk dengan sendok kecil lain sampai larut. Pemberian puyer agak repot karena seringkali rasanya pahit, obat sulit larut dan lain-lain. Puyer yang terkena udara sering menjadi basah karena sifatnya menarik air, jangan digunakan lagi.

About these ads

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 20/09/2008.

17 Responses to “Menghitung dosis obat anak”

  1. nice artikel…
    thanks ya buat infonya…
    sangat bermanfaat…

  2. nice artikel…saya tunggu yang selanjutnya ya

  3. infonya bagus juga…
    saya nantikan yangg selanjutnya ya

  4. Terima kasih atas infonya…
    Sangat bermanfaat…

  5. saya intan.anakku 21 bulan 13 kg.1.senin 5/jan/2009 diare.dikasih bactrim sm dsa trus ruam merah di kulit perut n bwh perut.skrg dah sembuh.br 1 kali dikasih bactrim ga papa kan kalo saya stop mengingat tu obat hrs habis?
    2.sekarang abis diare trs pilek dari semalam.saya sudah beli triaminic sirup tapi dibawah 2 tahun hrs petunjuk dokter gitu.yang boleh dosisnya berapa ml?ditunggu jawabannya. terimakasih

  6. panduan mengenal dosis yang baik bisa memakai farmakope, jangan pada etiket/brosur obat. seterusnya gunakan farmakokinetik bila memerlukan yang OK.

  7. klo dosis obat 0.05mg/kgbb/kali pmbrn
    ngitungnya gmn ?

  8. Artikelnya sederhana tapi sangat penting tuk praktek sehari-hari, kadang kita tak lagi berpedoman pd dosis sebenarnya hanya berpatokan pd jenis takaran obat saja. Kami tunggu info selanjutnya.

  9. Bagaimana ukuran takaran obat 3/4 sendok teh yang dihitung dalam ml?

  10. Info bagus dok…
    saya dokter baru nyari info tentang pemakaian obat flu buat bayi dibawah 6 bulan gimana dan dimana ya pak? apa kita obat per simtom yg ada aja ato pake yg sudah multisimptom drug. trims

  11. Obat standar lain misalnya ibuprofen (Proris). Dosis adalah 10 mg/kgBB/kali. Ga salah dok gimana hitungnya coba? 10mg per berat per kali? kl berat 10 kg, 10mg/10kg=1, kl 20kg, 10mg/20kg=0.5, loh berat makin tinggi makin dikit dosisnya? Di kotak obat Proris jelas tertulis 20 mg/kg/HARI!!! Per HARI, bukan KALI. Contoh yg benar berat 10kg, 20mg x10kg=200mg per hari, dibagi 4x minum= 50mg per kali. 50mg=1/2 sendok takar= 2.5ml (karna 1 sendok takar =5ml). Tolonggg jgn sembarang posting dosis obat.

  12. dok kalau dosis pemberian obat tablet sejenis cloroquin (untuk obat malaria) berapa dosisnya untuk anak umur 3 tahun dengan berat badan 14 kg?

  13. kpd sdr dave maksud pemberian 10mg/kgbb/kali artinya obat tersebut diberikan 10 mg per 1 kgbb sekali.. artinay kalo berat anaknya 10kg tinggal dikalikan aja sehingga persamaannya jadi 100mg/10kgBB/kali. berarti pemberiaan obat itu sekali minum 100mg utk anak dg berat 10kgbb.. tolong koreksi lagi postingannya.. apalagi yg memposting adalah dokter spesialis anestesi, yg selalu berkutat dengan obat2an.. salam TS

  14. alco drop untuk bayi 13 bln brp ml ya sis oh ya dah 11 hr blm sembuh nih melernya hrs kedr lg gitu tp anakku ceria kok …kmarn dikasih antibiotik ama puyer ga mem pan tuh …bu…mks replynya

  15. Makasih banget nih buat infonya~
    benar2 bermanfaat :)

  16. Anak saya umur 13 bulan, kalau batuk malam hari suka sampai muntah tapi kalau siang hari batuknya biasa, kemungkinan karena dingin. Siang ini baru saya belikan Ozen Cetirizine 2HCl Drops….tapi untuk dosis anak umur 13 bulan tidak ada. Tertera dosis anak umu2-5 thaun 1/4ml drops sekali sehari. Mohon bantuannya untuk menghitung dosis umur 13 bulan. Sebagai info, anak saya berat badannya 13 kg

  17. dosis obat pada anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,519 other followers

%d bloggers like this: