Trombosit Turun Tak Selalu Demam Berdarah

Selain demam berdarah, ada beberapa penyakit lain yang ditandai oleh

penurunan kadar trombosit. Apa sajakah itu? Pada mulanya, Desi (empat tahun)

memang menderita demam. Ketika diperiksa lebih jauh, kadar trombositnya

ternyata turun sampai 30 ribu/mm3. Dokter pun mendiagnosis Desi mengidap

demam berdarah. Setelah delapan hari, suhu tubuh yang tadinya mencapai 39

derajat Celsius berangsur turun. Heni (30 tahun), sang ibu, tentu saja lega.

Tapi ia mendeteksi keanehan. Pasalnya, pemeriksaan ulang menunjukkan, trombosit Desi anjlok, hingga tinggal 9.000/mm3. ”Saya sampai kaget, karena tidak demam lagi, saya pikir

dia sudah sembuh dari demam berdarah (DB),” kata Heni. Ternyata rendahnya

kadar trombosit dalam darah Desi memang bukan karena DB. Tapi karena tubuh

menghasilkan antibodi yang menyerang trombosit. ”Ternyata anak saya

menderita ITP (Immunologic Thrombocytopenia Purpura), bukan DB. Syukur

Alhamdulillah, setelah diberi obat oleh dokter, si kecil kini sudah sehat, ‘

jelas Heni lega.

Penurunan trombosit hingga di bawah batas normal memang kerap diidentikkan

dengan demam berdarah, khususnya di kalangan awam. Padahal tidak selamanya

demikian. Dalam keadaan normal, trombosit dalam darah mencapai 150 ribu-450

ribu/mm3. Dalam keadaan tidak normal, trombosit yang berperan dalam

pembekuan darah ini bisa turun. Keadaan ini disebut dengan trombositopenia,

yakni trombosit berada dalam keadaan rendah. Demam berdarah hanyalah salah

satu penyakit yang ditandai oleh turunnya kadar trombosit.

Menurut Prof dr Zubairi Djoerban SpPD KHOM, ahli hematologi dari Fakultas

Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)/RS Cipto Mangunkusumo (RSCM),

trombosit rendah bisa disebabkan oleh bermacam hal. Tapi secara garis besar,

penurunan kadar trombosit disebabkan oleh dua hal yaitu kerusakan trombosit

di peredaran darah, atau kurangnya produksi trombosit di sumsum tulang.

Kerusakan trombosit

Demam berdarah merupakan jenis kerusakan trombosit yang populer di

masyarakat. Menurut kepala divisi Hematologi-Onkologi Medik Bagian Penyakit

Dalam FKUI/RSCM ini, penyebab kerusakan trombosit dalam DB adalah infeksi.

Selain demam berdarah, infeksi yang juga mengurangi trombosit adalah tifus.

Kerusakan trombosit juga bisa terjadi pada penyakit ITP. Ini merupakan

penyakit auto-imun di mana zat anti yang dibentuk tubuh malah menyerang

trombosit.

”Melalui mekanisme imunologi tadi, trombosit menjadi berkurang,” jelas

Zubairi. Pada ITP, gejalanya bisa berupa bercak-bercak perdarahan di kulit.

Sementara pada DB, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi

berangsur normal dalam delapan hari. ”Jika (trombosit rendah) lebih dari

delapan hari, kita harus pikirkan kemungkinan yang lain. Salah satunya

adalah ITP,” jelas hematolog yang juga dikenal sebagai salah satu dari

sedikit pakar AIDS di Indonesia ini. ITP seringkali menyerang wanita usia

reproduksi, yakni di bawah 35 tahun.

Tapi bukan berarti, ITP tak bisa menyerang kelompok usia lanjut. Hanya saja,

kasus ITP pada kelompok usia lanjut, terbilang jarang. ”Seperti penyakit

lupus, ITP lebih sering ditemui pada wanita, laki-laki hanya sekitar dua

persen,” kata Zubairi. Penurunan kadar trombosit juga bisa ditemui dalam

kasus DIC (Disseminated Intravascular Coagulation). Biasanya, ini terjadi

pada pasien dengan penyakit berat. ”Seperti pasien dengan sirosis hati,

shock, infeksi kuman apapun dalam darah yang berat sekali, serta penyakit

lupus,” lanjutnya. Trombosit yang rendah bisa juga dikarenakan produksi

yang kurang.

Penyakitnya bisa berupa anemia aplastik. Anemia aplastik terjadi jika sel

yang memproduksi butir darah merah yang terletak di sumsum tulang, tidak

dapat menjalankan tugasnya. ”Pada anemia aplastik, trombosit yang rendah

juga disertai leukosit yang rendah sehingga sumsum tulangnya kosong,” jelas

Zubairi. Selain anemia aplastik, trombosit yang rendah juga kerap ditemui

pada penderita penyakit leukemia. Sering juga ditemui pada penderita

penyakit mielofibrosis. Menurut Zubairi, pada penyakit ini keadaan limfa dan

liver membesar.

Sebenarnya, sewaktu kita lahir, trombosit diproduksi oleh limfa dan liver.

Seiring pertambahan usia, fungsi ini kemudian dijalankan oleh sumsum tulang.

Karena muncul penyakit mielofibrosis, sumsum tulang tidak berfungsi sehingga

limfa dan liver kembali bekerja dan membesar. Untuk mengetahui penyakit mana

yang diderita, perlu dilakukan tes. ”Tidak bisa karena trombosit rendah

langsung dikatakan ITP,” ujar Zubairi. Menurutnya, dalam prinsip kedokteran

semakin sedikit data maka akan semakin banyak kemungkinan.

Pengobatan

Pengobatan setiap penyakit berbeda. Pada penderita ITP, karena ada zat yang

menyerang trombosit, tidak dilakukan transfusi trombosit. Pada ITP,

transfusi trombosit justru akan merangsang zat anti untuk berproduksi. Jadi,

pengobatan utamanya adalah dengan menghilangkan mekanisme auto-imun tadi. ‘

Produksi antibodi ditekan dengan obat yang bersifat kortikosteroid seperti

prednison,” tambah kepala Perhimpunan Hematologi dan Transfusi Darah

Indonesia (PHTDI) ini. Jika tidak mempan dengan prednison, biasanya

dilakukan operasi kecil untuk membuang limfa.

Angka kematian akibat trombosit rendah cenderung kecil. Seperti demam

berdarah, angka kematian pada orang dewasa di bawah 10 persen, dan sedikit

lebih besar pada bayi dan anak-anak. ”Kecuali pada anemia aplastik yang

berat dan leukemia”. ITP sendiri jarang menyebabkan kematian. ”Kecuali

pada saat trombosit rendah, pasien terpeleset dan jatuh sehingga terjadi

perdarahan di otak,” Zubairi memberikan contoh. Sampai batas berapa

seseorang bisa bertahan dengan trombosit rendah? ”Tergantung,” jawabnya.

Pada leukemia dan anemia aplastik, pasien dengan trombosit 20 ribu/mm3 sudah

berdarah-darah.

Sedangkan pada DB, hanya berupa bintik-bintik. ”Pada penderita ITP, meski

trombositnya mencapai 15 ribu hingga 10 ribu, tidak ada perdarahan sama

sekali, apalagi jika diberikan pengobatan”. Sedangkan penderita DIC bisa

berdarah pada tempat infus hingga gusi. Menurut Zubairi, selain melihat

jumlah trombosit, dokter juga akan melihat fungsinya, yakni masa perdarahan

(bleeding time) yang normalnya mencapai 1-4 menit.

Dari sisi jumlah, ada beberapa titik penting yakni 0, 20 ribu, 40 ribu, 100

ribu, dan 150 ribu. Untuk penderita DB misalnya, jika trombositnya sudah di

bawah 100 ribu/mm3 sebaiknya diopname. Biasanya diberikan infus. Perlukah

transfusi trombosit? Tidak perlu karena trombosit akan naik sendiri, kecuali

jika trombosit sudah di bawah 20 ribu/mm3 dan terjadi perdarahan. Pemberian

transfusi juga dilakukan dengan melihat masa perdarahan. ”Jika sudah lebih

dari 10 menit, misalnya, berikan transfusi trombosit”. Sedangkan pada

anemia aplastik dan leukemia, karena seringkali menyebabkan perdarahan, maka

transfusi trombosit harus sering diberikan. Tapi ingat, transfusi trombosit

sebaiknya diambil dari donor tunggal.

Share this Post

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 12/09/2008.

86 Responses to “Trombosit Turun Tak Selalu Demam Berdarah”

  1. terima kasih banyak atas infoya. sangat berguna bagi saya yang menurut dokter ada ITP. tapi saya masih kurang jelas mengenai hal tersebut. mohon sekiranya ada info lebih lanjut tolong dikirim ke email saya. saya tunggu infonya ya. terima kasih sebelumnya.

  2. apakah penyakit MDS ( myelodysplastie symdrome ) sama denga penyakit ITP ? bisa tolong jelaskan ?

    mama saya mengidap peyakit tsb diatas, trombositnya bisa trn sampai 8.000 dan paling tinggi baik sampai 40.000, setelah di kasih infus platelet ? apakah ada cara pengobatannya yang lebih baik?

  3. setelah membaca artikel ini saya sedikit lega, karena skrg ini anak saya usia 3 bulan sedang diopname karena didiagnosa ITP oleh dokter.apakah setelah sembuh penyakit ini bisa kambuh lagi? dan apakah penyebab ITP?

  4. Terima kasih banyak atas infonya, sebelum tahu tentang ITP.. Saya jadi menduga-duga kelainan darah yang diidap teman saya merupakan penyakit yang mengerikan…

  5. saya sangat bersyukur punya kesempatan membaca artikel bapak, suami saya didiagnosa menderita pengerasan pada hatinya diketahui karena jumlah trombositnya dibawah normal mencapai 74 ribu. Dari artikel diatas kalau saya tidak salah untuk mengetahui secara pasti penyebab menurunnya trombosit harus dilakukan tes, tes apakah itu? dimana bisa dilakukan? sementara menunggu bagaimanakah caranya meningkatkan trombosit di dalam darah? Terimakasih

  6. Semua usur test hemtologi saya turun dibwah normal. Pertama diperiksa Trombosit diatas 110 rb, ke-2 +9rb, ke-3 -1rb. Pada malam sebelum pemeriksaan ketiga saya tidak bisa tidak bisa tidur. hasil pemeriksaan DBD – (negatif). Kira-kira apa penyebab turunnya trombosit saya, ya?

  7. klo kira2 trombosit ku dari 194rb. dua hari kemudian 164rb. kira-kira sakit apa ya?
    dan keluhannya pusing yang sangat. cuma tanpa pendarahan sama skali.
    dan gejala awal ku, hanya flu

  8. 1. penurunan trombosit
    2. Feses ada bercak darah & berwarna kuning muda ( ke arah abu2 )
    3. tidak demam
    4. menyusu normal
    usia pasien 2 bulan, dengan riwayat lahir prematur dengan BL 1,5Kg.
    berat sekarang 2.2kg.
    mohon bantuan penjelasannya

  9. ” kebahagiaan terbesar adalah ketika kita bisa menerima takdir Allah SWT dengan Ikhlas ”
    Allah SWT telah memanggilnya…….

    sekedar berbagi pengalaman ternyata anak saya dengan ciri-ciri yang telah saya berikan, mengidap kelainan pada darah ” lower gi bleeding”

    konsultasikan setiap kelainan yang terjadi……
    jangan anggap remeh setiap kelainan yang terjadi..
    ihtiar dan ikhlas………

  10. terimakasih infonya. suami saya tes darah semua normal tapi trombositnya yang naik turun terus. padahal sudah diberi vit b12 dan prenidson. berapa lama kira2 kondisi menjadi normal kembali? mungkin bisa memberika sedikit cerita butuh berapa lama perawatan samapi trombositnya normal lagi? apakah perlu banyak istirahat karena pekerjaan suami adalah pilot. terimakasih

  11. Terimakasih infonya. Ayah saya 76 thn pernah pendarahan, kemudian timbul bercak2 merah biru di tangan kaki serta tubuhnya kemudian HB turun, ditransfusi darah naik dari 7 menjadi 9 & trombosit turun dr 72, 62 naik 69 turun lagi 59. Beliau harus operasi prostat tapi kondisinya belum normal & didiagnosa kemungkinan ada retak dan saraf kejepit di tulang belakang. Apakah penyebab turunnya trombosit ada kaitan dengan ke dua penyakit tsb?

  12. dr,saya didiagnosa mengidap ITP.memang sering pendarahan di gusi tapi yang paling menonjol adalah menstruasi yang lama bisa sampe 3 bulan dan itu dengan pendarahan yang banyak.tetapi hasil trombosit saya slalu normal kalaupunkurang cm 90.kira – kira saya menderita apanya.jawaban dr sangat saya harapkan .tks

  13. Mengapa Tidak ada tanggapan dok dari pertanyaan rekan2 diatas?????…….

  14. apakah bisa berdampak kematian pada pasien, apabila dia mengidap ITP 30 thn (dari lahir), diagnosis terakhir dokter, fungsi organ untuk memproduksi kping darah sudah mulai melemah.

  15. dok, keponakan saya usia 8 th saat ini di opname krn trombositnya turun hingga 30 rb, timbul bercak2 biru di kakinya, apakah ini juga kemungkinan itp? apakah ada ciri2 khas yang dapat dilihat secara kasat mata pada penderita itp?

  16. Dr, saat ini istri saya sedang hamil 4 bulan. 3 minggu yg lalu tiba2 dibagian tangan n kakinya muncul lebam2 padahal samasekali tidak kejeduk apa2…pada saat control ke Spog awal feb ini, istri diminta cek darah ke lab, ternyata hasilnya trombositnya sdh 50rb tp istri sama sekali dlm kondisi fit, Spog tidak yakin dgn hasil test labnya maka disuruh ulang kembali dan hasil test kedua kalinya turun lagi menjadi 25rb(selang sehari)..Spog lgs minta istri saya ke ugd krn mengkhawatirkan kl istri saya terkena DB..selama di rs di test lagi dan hasil terhadap DB negative.dan tadi malam test terakhir trombositenya sudah di 15rb.yg ingin saya tanyakan disini:
    1. apa yg terjadi pada istri saya? krn diawal kehamilan sudah dicek hasil test labnya normal semua
    2. saat ini istri saya diberi obat prednison, apa itu aman buat bayi yg ada didalam tubuh istri saya?
    3.dgn trombosite serendah itu, apa kemungkinan2 yg terjadi pada babynya? krn selama ini dipantau oleh Spog, baby dlm keadaan sehat.
    4.saat ini kita lagi tunggu hasil lab dan sekarang istri lagi bedrest dirumah untuk menghindari benturan2 atau pun pendarahan.

    mohon infonya dok, krn saat ini istri saya belom mendapat jawaban yang pasti, shingga kondisinya lebih mudah stress dan takutnya bisa efek ke babynya…info tambahan, istri pernah mengalami BO 6 bulan yang lalu.terima kasih

  17. Terima kasih banyak atas kunjungannya ke blog ini.
    Seperti telah diterangkan diatas maupun pada topik lain yang berkaitan, ITP adalah penyakit yang sampai sekarang belum jelas penyebabnya, dengan dugaan terbanyak adalah suatu reaksi auto imun. Sehingga biasanya akan sembuh sendiri tetapi dengan pengawasan teratur oleh dokter.

  18. terima kasih banyak atas informasi ini.

  19. tapi gak ada salahnya juga ya untuk tetap waspada dan lakukan langkah perawatan antisipatif

  20. terima kasih atas informasinya..saya juga ingin bertanya apa ada makanan yang menyebabkan trombosit berkurang

  21. anak saya berumur 3tahun 9bulan, belakangan ini sering timbul lebam2 biru, setelah periksa darah ternyata trobosit cuma 14 ribu tapi anak saya sama sekali tidak demam dan aktivitas seperti biasa. yg ingin saya tanyakan ada apa dengan anak saya? terima kasih

  22. kalau bintik-bintik dilengan itu udah pasti terkena demam berdarah belum yah??

  23. jawaban sdri diana kok jawabannya g ada y, suami saya juga MDS trombosit juga mengalami penurunan 66rb berbahayakah?

  24. Dokter, apa yg saya alami hampir persis dengan artikel diatas
    dari demam yang naik turun, trombosit 24 ribu dan saat itu diagnosa db, tp 2 minggu opname tdk ada perubahan, sampai akhirnya saya didiagnosa ITP,tidak pernah ada perkembangan significant pada ITP yg saya derita malah kadar HB pun turun jika kondisi sedang lelah,
    tahun 2008 tegak diagnosa saya mengidap SLE,setelah menjalani test yang dianjurkan dokter yg merawat saya
    dokter, saat ini saya mengalami haid yang begitu lama,konsul dgn dokter kandungan semua normal, tp sebagai wanita saya tetap takut
    mohon penjelasannya,,,

  25. berapalama fase pengembalian ko posisi normal jika telah mengalami penurunan trombosit.
    setelah 2 minggu selesai opname tubuh saya koq gampang letih..
    apayang harus saya konsumsi..

  26. anak saya terkena ITP waktu berumur 3 bulan..trombositnya hanya 7rb.tapi kalo dilihat dari tingkah pola anaknya seperti tidak terjadi apa apa.keluar bintik bintik merah seperti pendarahan.sampai sekarang di lidah dan syaraf matanya ada bekas bercak darah yang dulu muncul.sekarang membiru.apkah berbahaya?

  27. Dokter saya juga mengalami trmbosit turun dan saat ini sampai 146000 dan saya berdarah sdikit saja langusng menyebar lebam di bawah kulit apa yang harus saya lakkan sdh ke dokter namun diagonse krn virus trua apa ya juga kena ITP spt artikel dokter . mohon info seian terima kasih

  28. Terimakasih atas info nya anak saya merasa sedikit tenang setelah membaca artikel ini… maturnuwon…

  29. terima kasih buat infonya dok…
    tolong dijelasin lebih detail tentang anemia aplastik. . .
    penting banget dok… menyangkut orang yang saya sayangi. . .

  30. terima kasih infonya
    saya ada teman di di vonis DBD akut, tapi gejala DBD tidak ada sama sekali,,, kondisinya trombosit menurun terus ,, setelah di transfusi naik,,, tidak lama kemudian turun kembali bahkan darah keluar dari mata hidung telinga,, mohon bantuannya , teman saya menderita penyakit apa ?

  31. dokter saya mau nanya apakah ada hubungannya dengan bintik-bintik merah pada kulit dengan trombosit turun??
    karena waktu teman saya periksa ke sebuah rumah sakit dokter itu hanya melihat bintik-bintik merehh pada kulit teman saya dan mengatakan bahwa trombositnya turun
    mohon penjelasannya……….

  32. Ada group buat penderita ITP ga yah,biar sesama penderita bisa berbagi pengalaman…..saya penderita ITP usia 31 thn sudah pernah infus trmbosit

  33. suami saya menderita liver trombositny trn trs. Trakhir 26. Saya ing tanya apakah ada cara utk menaikkan trombositnya lg?

  34. saya dulu pernah kenal DB sampai 3 kali. Pada tahun 2004 itu 2 kali.. dan yang ke tiga tahun 2008. Trombosit saya turun dari 127rb sampai 25 rb. Dan sulit sekali untuk naik.dan lama lebih kira-kira 2 mingguan. Padahal saya sudah minum jus jambu. itupun saya keluar RS Tromp masih dibawah 150rb. Skrg trombosit saya normal..hanya saja saya cepat sekali lelah.

  35. aku belum pernah periksa Tromposit keseluruhan. dikulit saya ada bercak merah..tapi satu – dua saja…Dan menentap. Terutama di lengan atas.. paha, dada, dan lutut… kadang ngilu pada tulang kering (kaki) kanan. Saya cepet lelah.Padahal kerja tidak berat. Usia saya 30-an.

  36. dokter, anak adik saya menderita trombosit redah dan heamoglobin rendah, anemia platic, apakah ada obatnya dan bagaimana pengobatannya..

  37. dokter, adik saya berumur 4 tahun, trombositnya selalu menurun, tapi tidak demam. selain itu, dia juga sering memar-memar, lesu dan letih. selain itu, setelah diperiksa, katanya trombositnya turun itu bawaan dari lahir. sebenarnya apa yang terjdi pada adik saya?

  38. Anak saya umur 3,5 thn ada kelainan univentricular dan trombositnya tidak normal. Beberapa hari ini mimisan walaupun sedikit, dan pernah keluar bintik2 di tangan dan kaki selama 2 hari kemudian hilang sendiri dibarengi dengan suhu badan yang sedikit hangat walaupun di termometer tetap menunjukkan suhu normal. Pertanyaan saya 1. apakah bintik2 di tangan tersebut akibat trombositnya rendah? 2. apakah ada cara untuk menaikkan trombositnya? terima kasih

  39. anak saya 3,8 tahun trombositnya turun dari 119 ke 52 selama 2 hari. demam di hari ke 5. Kondisi hari ke 5, panas mulai berkurang, muncul bercak merah. Apakah sudah mulai membaik dok? Trimk sekali info dr dokter dan saudara semua yg mau sharing..

  40. saya mengidap itp, melahirkan bayi kedua, sekarang bayi berumur 2bulan, dari lahir platlet bayi saya rendah. sering masuk wad untuk mendapat rawatan dan diberi ubat (ivig-immonuglobin) selepas masuk ubat platletnya naik tetapi akan turun semula. adakah bayi saya akan menghidap itp?

    kata pakar kanak-kanak mungkin perkara nie hanya berlaku 1 hingga 6 bln pertama sahaja. adakah perkara nie blh berpanjangan?

  41. Assalamu’alaikum..Dokter..saya mohon bertanya, apa obat yang harus saya makan selain tablet vit B12, atau makanan apa yang dapat meningkatkan monosit saya yang masih di bawah normal (22<25). Apakah kelebihan 1 untuk unsur darah trombosit bisa berbahaya bagi kesehatan saya terutama daya tahan fisik saya? Semoga saya selalu diberi kesehatan oleh Alloh SWT, Amin. Saya mengajar di tempat yang cukup jauh dari rumah, makan waktu dan tenaga, juga pikiran. Demikian dari : Prich Purwanti, SPd. Terima kasih. Wassalamu'alaikum.

  42. nama saya hairul,sekarang saya mengalami turunya trombosot saya..pertama saya cek trobositnya 156,yang ke 2 trombosit saya 120.yang ke 3 trombosit saya 100.sekarang saya di rumah sakit…pertamanya gejalanya panas sampai 38,6 n meriang meriang…itu penyakit apa ya dok??????????????????????????????????????????????????

  43. ibu saya meninggal tgl 26 maret 2010 gara-gara penyakit anemia aplastik!kenapa tidak bisa di sembuhkan?

  44. Dokter, Awalnya ibu saya akan di operasi kaki untuk diberikan bantalan akibat osteoporosis (masuk RS tgl 20 jan 2011), tapi trombosit ibu saya hanya 83. Dokter bilang ibu saya DBD tapi ibu saya merasa sehat-2 saja dan tidak demam. akhrnya tgl 27 tetap dilakukan operasi khusus (diatas operasi besar). Seelah operasi ibu saya tidak BAB selama 5 hari, setelah 5 hari di paksa keluar dan hitam dan ibu saya sekarang lambungnya luka dan sangat menyiksa sekali, hingga s/d saat ini (6 Maret 2011) BAB ibu saya masih hitam, kemarin trombositnya turun 59 dan hari ini menjadi 33. tolong di bantu solusinya dokter kenapa ibu saya menjadi seperti ini, dari awalnya masalahnya hanya di kaki kok menjadi merambat ke yang lain. Apakah dengan trombosit 85 ibu saya tetap harus dipaksakan opersai…?? dan kenapa BAB nya sekarang menjadi hitam? mulai dari selesai operasi s/d sekarang ibu saya sudah menghabiskan 14 kantong transfusi darah. Mohon petunjuknya dokter… URGENT…

  45. Dokter, terima kasih atas infonya diatas ,sekarang ini ibu saya ada di RS dengan trombositnya naik turun yg saya tidak mendapat penjelasan kepastian penyakit dr Dokter , dan setiap 3 hari di test darah lengkap.Awalnya ibu saya di vonis kena cancer usus besar sehingga hrs dioperasi kemudan dilakukan test darah lengkap dan trmbonya 57 ribu kemudian diberi obat untuk menaikkan trombo seminggu kemudian di test lagi trombonya malah turun 30 ribu dengan CRP 83,6 kemudian kami disuruh masuk RS untuk observasi dan ranfusi trombosit katanya ada infeksi didalam ibu saya kemudian 3 hari kemudian ditest darah lengkap trombosit nya tetap 30 ribu cuma CRP turun ke 25 dengan terus diberikan antibiotik dan 3 hari kemudian dilakukan test lagi trombositnya naik ke 79 ribu dengan CRP 24 dan 3 hari kemudian trombositnys kembali ke 40 dengan CRP 6 dan 3 hari kemudian trombositnya naik ke 53 ribu dengan CRP 5 dan hari ini trobositnya turun lagi ke 39 ribu dengan Hb awal masuk RS 10.7 naik bertahap hingga skrg 14.1 dan leukosit pada awal 90 ribu turun bertahap hingga sekarang 15 ribu . Dengan data yg saya berikan ini apakah ibu saya termasuk ITP yg Dokter bahas diatas dan apakah yg harus saya lakukan.Terima kasih Dokter

  46. syukur alhamdulilah anakku dah sembuh sakitnya, dah tahu, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat hidayah pd anaku

  47. [...] Trombosit Turun Tak Selalu Demam Berdarah [...]

  48. thx info’y,,,tadinya saya mengira terserang DB
    tp stlh ddiagnosa ya ITP

  49. anak laki2 kakak saya yg skrg msh kelas 3SD mengalami trombosit yg tdk normal disertai inveksi saluran kencing dan muntah2, apakah smua itu ada kaitanya..??

  50. dok, anak saya ihsan, 3thn.sekarang lagi diopname karena diare.sebelumnya di icu 2 hari.dokternya bilang ada jamur di pencernaannya.lalu muncul masalah lain.trombositnya turun dari 18.000 kemudian menjadi 8.000/mm3.lalu transfusi trombosit 3 kantong dan hasilnya naik menjadi 19.000/mm3.namun sampai sekarang,sekitar 12 jam hasilnya masih sama 19.000/mm3.apa yang terjadi pada anak saya ya dok?sedangkan tes DB negatif.apa karena sebelumnya mengalami shock hebat hingga collapse?

  51. ass.dok,anak saya umur 2 th sudah 3 kali mengalami trombosit turun,leukosit cenderung meninggi dan di awali dg demam tinggi.yang pertama kali positif dbd,tetapi yg ke 2 kali nya selang 2 minggu terulang kembali trombosit turun tetapi dbd negatif tromb.plg rndah sampai 34rb,berangsur naik dan turun kembali, untuk yg ketiga kalinya terulang sakit di awali demam tinggi trombosit turun kembali dan dbd negatif,hal trsbt terjadi stlh anak saya terlalu bnyk aktifitas layaknya anak2 seusianya dan sepertinya kelelahan.sy mohon penjelasan dr dokter dgn data yg minimal ini sy ingin tahu penyakit apa yg ada d dlm tbh anak sy ini..mohon penjelasannya.wassalam.terima kasih.

  52. trims atas infonya. karena sy sdh lebih 2 minggu (sampai saat sy mereplay posting ini) dokter perusahaan masih bersikukuh karena virus dan masih belum memberikan rujukan ke rumah sakit. saya akan bawa info ini kepada dokter tersebut supaya segera diberikan rujukan ke rumah sakit

  53. Thanks…

  54. dok bagaimana bisa kosultasi via email, ibu saya HB nya naik turun padah sudah dnor trombosit trs smpai hbis 26 bungkus trombosit mhon bntuannya dok

  55. Assalamu’alaikum. Dok, istri saya sekarang mo operasi cesar, tp trombositnya masih di bawah normal 89000. Kata dokter jika dilakukan operasi, resiko terjadi pendarahan sangat besar dan setelah cesar istri saya akan memasuki masa kritis selama 24 jam. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah operasinya harus ditunda dulu? Tolong penjelasannya. Terima kasih

  56. terimakasih dok.artikelnya sangat bermanfaat unt sy saat ini. sy msk RS pada senin 5 sept 2011 krn hbs panas tinggi.rcn cm berobt krn besok dinihari mo balik pasca mudik.tyt hsl lab trimbosit dibwh normal cm 83rb.ahirnya opname dg dx DBD. 24 jam kmd besokny sy sdh tdk panas tspi trombosit jd 78 rb.12 jam kmd 77rb.padahal sy sdh minum banyak, minum sari kurma, jus jambu biji bergelas2
    sampai perut kembung.kok blm naik jg.ahrny sy searching pyx dg gx trombosit turun.dan ketemu artikel ini. sy jd inget wkt hamil pernah agak turyn jg. kt dr obgyn kemungkinanny klo sehat dak tifus ato dbd mgkn ITP. klo ITP membahayakan tdk dok?apakah minum obt selamanya.Terima kasih

  57. Makasih infony sebelumnya. Saya sudah 2 hari demam. Badan panas tapi terasa dingin yg menusuk. Beberapa jam kemudian reda. Tak lama kemudian kambuh lagi, begitu berulang selama 2 hari. Lalu saya tes darah. Hasil lab, trombosit berkurang 7000/mm3, dari 150.000/mm3 mjd 143.000/mm3. Tanya: penyakit apakah yg saya alami itu? Makasih.

  58. dok saya divonis terkena DBD dan trombosit saya mencapai 42rb namun saya tdk diiopname tetapin dbd saya bberangsur membaik setelah mnm obt resep dari dokter yang ingin saya tanyakan adalah apkah dampak dari trombosit turun akan mempengaruhi system reproduksi saya? karena selama proses tersebut (maaf) penis saya tdk mampu ereksi kembali sepert5i semula seperti di pagi hari maupun pada saat saya bergairah apakah ada saran dok?

  59. dokter, anak sy berusia 12th. Saat ini dia sedang mengalami penyakit yg gejalanya spt artikel diatas. Waktu tes darah pertama HB 4,4 dan trombosit 17rb, setelah transfusi darah 2 bag, trombosit naik jadi 21rb. Tp setelah dihentikan, trombosit turun lg menjadi 19rb. Menurut saran dokter anak yg menangani anak sy, diadakan tindakan cek sumsum tulang belakang. Yg mau sy tanyakan, apakah tdk ada cara lain untuk mendeteksi penyakit anak sy? apakah anak sy tergolong mengidap penyakit spt yg dokter sebutkan diatas? trimakasih

  60. Sdh 2 bln ibu mertu sy jml trombositny sll d bwh 60rb mmk.
    Lengan tangan sampe pergelangn tangn hampir stiap hr lebam.
    Sminggu yg lalu,mengalami pndarahan gusi.
    Ke dkter cma dksi metilprednisolon. Dan Dehaf.
    Kemana kami hrs membawa ibu kami,agar segera dtangani dg tepat?

  61. Terimakasih infonya sangat berguna untuk membantu orang-orang yang terlalu takut dengan turunnya trombosit.

  62. Sangat bermanfaat, saya baru check up dan ini hari ke tiga saya demam, jumlah trombositnya 144000, dan sebenarnya saya sudah di suruh rawat inap, tapi saya menolak karena saya masih sangsi apakah saya ini DBD.. dan besok saya baru akan di rawat

  63. tmksh bnyak ats info nya..kbtlan saya jg prnh d fonis ITP oleh dkter saya,krna trombosit saya yg tdk stabil…saya prnah menjalani sma yg dktr crtakan d atas,dr pengambilan sumsum tlg blkg,pndarahan lwt menstruasi dan transfusi trombosit jg..crta ini mengingatkan kpd saya u/ tetap mnjaga kshta..apakah pnyakit trombosit yg ITP ini bs sembuh total?tmksh

  64. Saya masih belum paham.
    Tapi kenapa terombosit saya udah hampir sbulan belum sampe 100, hanya 40 sampe 70,
    segala obat untuk menaikan terombosit sudah saya minum,tapi belom ada kemajuan.apa ya obat nya yg ampuh ?

  65. yah,anakku kena ITP,sekarang dirawat di RSSA kota MALANG

  66. kira kira sampai berapa ya itu duit pakebayar RSSA

  67. Saya menderita ITP sejak tahun 1995. Pernah beberapa kali kambuh. Biasanya kambuh kalau pikiran sedag stress (pekerjaan banyak, kena batas waktu, misalnya). Kalau trombosit masih di atas 20 ribu saya tidak mengkonsumsi obat tetapi cuti kerja dan refreshing; biasanya trombosit naik dengan sendirinya.

  68. dr saya mau tanya anak saya umur 4 th dari kecil anak saya sering demam setiap demam lebih dr 3 hari disuruh cek trombosit hasilnya menurun terus tapi batasnya 70 000 jadi setiap kali demam pasti dirawat yang ingin saya tanyakan kenapa trombosit anak saya turun trs jikala dia demam adakah penyakit lain yang bisa ditemukan

  69. Mau tanya, saya umur 40th, sebulan ini di diagnosa db dan masuk rs dua kali. Setelah opnamee kedua, saat keluar rs tromb sudah naik jd 150rb, setelah seminggu tromb jd 162rb, seminggu kemudian di cek lagi tromb turun jd 155 rb. Apa ini indikasi kena db lagi? Ke 3kalinya? Atau itp doc?

  70. anak sy bru lahir 3 hari trombositnya turun mncapai 17 rbu…dksih obat dr dokter 1 minggu naik mnjdi 290 rbu….tapi 1 bulan kmudian trombositnya turun jd 13 rbu…sampek trnfusi trombosit 3 x…ini hasilnya 233 rbu…anak say mengidam pnyakit apa ? bisa disembuhkan apa tidak ? apa dilain hari bisa kambuh lagi?…thk.

  71. Pak Dokter Yth,
    Awal periksa ke dokter selama 6 hari obat jalan istri saya di diagnosa dan di berikan obat types dan radang tenggorokan, namun karena belum ada perubahan maka istri mondok okname di Rumah Sakit, namun setelah Okname malah pihak dokter Rumah Sakit menyatakan istri saya terkena Demam Berdarah dan sampai akhirnya 10 hari di infus terus padahal selama di Rumah Sakit makannya normal, tidak demam, tidak pusing dan bisa ke belakang, mandi, sholat dll sendiri. Selama di Rumah Sakit yang dipantau hanya Trombosite aja… dari 24rb naek jadi 61rb, turun 60rb, turun 21rb, naek 44rb, turun 21rb, turun 9rb. Karena penasaran dan cari tahu di internet tentang naek turunnya trombosite barulah istri saya tau tentang penyakit Anemia Aplastik dan ITP, dan menyampaikan ke petugas RS dan Dokternya.. Setelah mendapat informasi tersebut maka obat untuk pemicu Trombosite ( Trolit dan Angkak ) tidak diberikan lagi. Selanjutnya istri saya hanya mendapatkan obat ” Methylprednisolone ” yang semakin hari dosis minumnya dikurangi.
    Setelah dinyatakan istri saya bukan terkena DB tapi ITP Hasil pemeriksaan Lab awal Trombositenya mulai naek sampai lebih dari 250rb namun Lekositnya tinggi sampai 17rb lebih, sehingga saya minta obat jalan saja dan kontrol tiap minggu dengan minum obat yang sama ” Methylprednisolone ” dan setelah 2 minggu obat jalan hasilnya Lekosit sudah normal menjadi 7rb namun Trombosite kembali turun menjadi 8rb.
    Demikian pak Dokter, kiranya apa saran dan masukan dari bapak dokter untuk kasus penyakit istri saya ini. Aktifitasnya mengajar dan membimbing murid-murid disekolah sangat tinggi sehingga sampai rumah selalu mengeluh kecapaian dan sering KRAM. Saya peringatkan untuk mengurangi aktifitas dan kegiatan di sekolah, jawabannya kata dokter “Trombosite tidak ada hubungannya dengan banyak aktifitas”
    Demikian pak Dokter, atas saran dan masukannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  72. dr, trombosit saya 4000, hb 14,8
    lekos 11,28
    knapa dr trombosit saya bisa habis……? Tanks dr

  73. Terima kase banyak atas infona.ibu saya mengidap ITP bahkan trombositna tinggal 1..pendarahan di gusi n sekarang di opname di rumaah sakit..sy takut kenapa napa dengan ibu saya..mohon infona untuk penyembuhan ibu saya..

  74. Adik saya mengalami penurunan trombosit hingga 6rb.setelah ditransfusi trombosit sebanyak 4kantong mengalami perubahan menjadi 7rb. Setelah itu dilakukan kembali transfusi trombosit sebanyak 4kantong.tapi malah mengalami penurunan menjadi 4rb.tanda tandanya ada bercak merah pada kulit.lalu batuk mengeluarkan darah. Yg saya ingin tanyakan jenis penyakit apakah itu..? Data yg saya lihat utk leokositnya diatas normal hingga 11rb.dan obat apa yg harus dikonsumsi adik saya agar dpt sembuh kembali. Saya tunggu jawabannya via email. Terimakasih sebelumnya

  75. » Terimakasih artikel sangat clear dan membantu.

  76. Trim’s atas infonya…

  77. Apakah saya dapat mengetahui jawaban pertanyaan diatas? terutama jawaban untuk pertanyaan no. 2? Terima kasih atas bantuannya.

  78. sebelumnya trima kasih banyak atas infonya.
    saya mau menanyakan. putra saya skr lagi opname, sudah 4 hari. dan sudah dilakukan 2 kali tes darah hasilnya trombosit anak saya menurun.
    suhu tubunya juga relatif naik turun tapi tidak ada tanda-tanda DB. dokter pun setelah saya tanya blom bisa memberi kepastian.
    selain obat-obatan dari RS apa masih ada cara untuk agar trombosit bisa meningkat lg. mungkin dari makanan yg dikonsumsi atau lainya? trimakasih

  79. Anak saya umur 15 bulan mengalami demam tinggi dengan suhu 39, setelah dilakukan chek darah trombositnya mencapai 155 mm/l mohon penjelasannya kenapa demamnya tidak turun-turun walau sempet turun hingga 37

  80. trimakasih atas penjelasannya, saya sangat terbantu karena ini terjadi pada anak saya, umur 20 tahun, kasus dianggap DB namun stelah 8 hari trombositnya malah jadi 9000, namun anaknya tetap segar, keluhannya sakit ulu hati, namun blum konsultasi dgn dokter apa ITP bukan, trimakasih atas penjalasannya, semoga kbaikan Sdr mnjadi amal soleh

  81. selamat siang,saya adalah salah satu penderita kelebihan trombosit,penyakit ini di mulai pada 2008 lalu pada saat berusia 29 tahun,dan sampai sekarang ini penyakit itu masih ada pd darah saya dan setiap saat selalu meningkat sampai jumlah yang sangat tinggi hingga 1000 lebih dan hampir pernah mengalami gejala struk,tp tuhan masih melindungi sehingga sampai pd saat ini pengobatan terus saya lakukan dengan obat,memang turun,tapi sampai kapan harus seperti ini,yg saya ingin tanyakan hal-hal apa yg saya harus lakukan dan apa yang harus saya hindari supaya lepas dari penyakit ini dan bagaimana apakah ada pengobatan yang bisa menyembuhkan penyakit saya,terimah kasih.

  82. dok saudara saya tgl 10 agust 2012 hasil lab trombosit 8, lekosit 11,6. hasil lab trombosit triplo maksudnya apa dok?

  83. dok mkch bnyk ats informasiny,namun ank sy wkt dperiksa lg usia 7bln dnytkn gejala tifus,n hsl lab trombositny 108.000 yg shrzny 150.000-500.000.nah dok,dkulit ank sy timbul bercak2 dkaki n tangan.ap it bz dsebt ank sy mendrta ITP?Mhn dok balasanny lwt sms,085223559271.sy sngt membthkn jwbny.trmkch bnyk dok sblmny.

  84. slamat berjumpa dengan saya, saya mempunyai produk yang sangat bagus buat menaikan trombosit atapun Hb, sebagai bukti kemaren ada penderita DBD dengan trombo 15.000 stelah dikasih produk saya, dua hari saja sudah kembali norma dan menghemat biaya rumah sakit selama 5 hari, jika berminat hubungi saya di 085721881581

  85. Selamat pagi ,saya adalah penderita itp .. sudah 2tahun dpontianak .. dokter disini mengandalkan yranfusi darah untuk menaikan trombosit saya hingga sudah mencapai 84 kantong darah itu juga tidak membantu sakit saya sering kambuh dan keluar masuk rumah sakit kalo sudah kambuh mentruasi saya tidak dapat berhenti hingga 30hari itu yg membuat badan saya drop, segala metode pengobatan telah saya coba dari herbal hingga medis tapi hasilnya nihil mungkin ada cara lain untuk saya bisa sembuh total .. terinakasih mohon solusinyaa

  86. saya mau tanya , saya kan punya adik prempuan , dia awal nya timbul kayak cacar , tapi setelah cacar nya sembuh dia mengalami pendarahan di gusi dan telinga ,dan jika kejedot dikit langsung bengkak gede dan biru , setelah d periksa ,dokter mendiaknosa adik saya kadar trombosit nya turun , kira” adik saya sakit apa ya ?

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,519 other followers

