Idiopatic Trombocitopeni Purpura (ITP)

ITP adalah suatu gangguan autoimun yang ditandai dengan trombositopenia yang menetap (angka trombosit daraf perifer kurang dari 150.000/ µL) akibat autoantibodi yang mengikat antigen trombosit menyebabkan dekstruksi prematur trombosit dalam sistem retikuloendotelial terutama di limpa.

Ada dua bentuk ITP : ITP akut , sering terjadi pada anak-anak ( 2-8 thn), sembuh dalam 6 bulan; ITP kronik, sering pada orang dewasa, trombositopenik menetap lebih dari 6 bulan, sebagian besar dapat hidup dengan perdarahan ringan pada kulit.

Patogenesis ITP kronik adalah sensitisasi trombosit oleh autoantibodi (biasanya IgG) menyebabkan disingkirkannya trombosit secara prematur dari sirkulasi oleh makrofag sistem retikuloendotelial, khususnya limpa. Pada banyak kasus, antibodi tersebut ditujukan terhadap tempat-tempat antigen pada glikoprotein IIb-IIIa atau kompleks Ib. Masa hidup normal untuk trombosit adalah sekitar 7 hari tetapi pada ITP masa hidup ini memendek menjadi beberapa jam.
Massa megakariosit total dan perputaran (turnover) trombosit meningkat secara sejajar menjadi sekitar lima kali normal. ITP akut paling sering terjadi anak. Pada sekitar 75% pasien, episode tersebut terjadi setelah vaksinasi atau infeksi seperti cacar air atau mononukleosis infeksiosa. Sebagian besar kasus terjadi akibat perlekatan respon imun non spesisfik. Remisi spontan lazim terjadi tetapi 5-10% kasus tersebut menjadi kronis (berlangsung > 6 bulan).Untungnya, angka morbiditas dan mortalitas pada ITP akut sangat rendah.

Pada kasus ditemukan riwayat penyakit sebelumnya, yaitu panas disertai pilek dan diberikan penatalakasanaan amoxyllin. Dari daftar obat yang sering menyebabkan ITP sebagaimana telah penulis lampirkan pada tinjauan pustaka ditemukan penicilin dan turunannya. Hal ini mengindikasikan bahwa anak tersebut kemungkinan menderita ITP yang diinduksi obat. Untuk penegakkan diagnosis dilakukan pemeriksaan lab antara lain Hitung trombosit ( <100000/mm3), sediaan hapus darah tepi ( megatrombosit sering ditemukan ), waktu perdarahan (memanjang), waktu pembekuan (normal), aspirasi sumsum tulang ( peningkatan megakaryosit dan agranuler / tidak mengandung trombosit ), pemeriksaan Imunoglobulin ( PAIgG ).

Penatalaksanaan ITP akut adalah tanpa pengobatan, jadi sembuh spontan; keadaan berat kortikosteroid ( prednison ) peroral dengan atau tanpa transfusi darah keadaan sangat gawat ( perdarahan otak) transfusi suspensi trombosit; Ig secara IV biasa dalam dosis tinggi : 0,4gr / kgBB / hr selama 5 hr. Menyebabkan blokade pd RES. Pada ITP kronik adalah pemberian kortikosteroid selama 6 bulan ( azatioprin, siklofosfamid), splenektomi jika resisten thd prednison dan obat imunosupresif.

Share this Post

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA on 04/09/2008.

31 Responses to “Idiopatic Trombocitopeni Purpura (ITP)”

  1. Keponakan saya di Semarang usia 6 bulan juga di diagnosis ATP. Kalau boleh tanya dokter yang khusus menangani Atp . Thank atas infonya.

  2. Dok tolong ya dokter yang cocok menangani ITP kl bisa yang di Semarang, keponakan saya umurnya 6 bl perempuan juga didagnosa ITP. Serta apa tindakan yang diperlukan. Thank ya, dan selamat hari raya Idul Fitri.

  3. Di semarang bisa konsultasi dengan prof dr ag soemantri spak, atau bisa dg dr moedrik tamam spak, dr bambang spak.

  4. kemarin anak saya (usia 2 tahun) diminta dokter cek darah hematologi lengkap karena sudah 2 bulan batuk pilek tak kunjung sembuh. hasil lab darah anak saya, hemoglobinnya 10,5 , eritricyte 4,45 , tetapi trombosite dan leukosit normal. bagaimana yah kondisi anak saya?

  5. Dok. yg ingin sya tanyakan…tentang riwayat penyakit flu, batuk dan demam dengan itp
    apakah pengobatan riwayat penyakit d atas seperti obat amoxicillin atupun gol penisilin bisa menyebabkan terjadiny ITP. Mekanisme nya bgaimana dok sehinnga terjadinya trombositopenia karena faktor auto imun itu. terus knapa pada itp itu malah tidak disertai demam

  6. Mekanisme sebenarnya ITP hingga saat ini memang belum difahami benar. Hal ini disebabkan pada masing2 individu mekanismenya dapat berlainan. Tetapi yang paling mungkin terjadinya ITP adalah suatu proses autoimun. Benda asing yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan reaksi penolakan dengan akibat dapat terjadi gangguan dalam mekanisme hemopoetik terutama pada sistim trombosit.

  7. Dok,sy didiagnosa itp akut. Sdh 2 minggu rwt jaln. Usia sy 27thn. Sblm nya tdk ada riwayat itp. Sy mnm steroid,cell ceft. Yg ingn sy tanyakan smp kpn sy terbebs dr itp ini.

  8. DOK, saya punya keponakan skrg di RS diagnosa ITP trombocyt skrg 8000 dan Hb juga turun menjadi 4 sebenarnya apa yg diderita, krn dugaan dr ada semacam penghancur darah tapi hasil tes trakhir negatif untuk zat penghancur darah

  9. Seperti yang telah diterangkan diatas, bahwa ITP adalah suatu proses gangguan autoimun, artinya suatu gangguan dari tubuhnya sendiri terhadap sel-sel sistim hemopoetik sehingga sel-sel darah baru tidak terbentuk. Karena sifatnya autoimun kemungkinan akan sembuh sendiri secara spontan.

  10. Dok, istri sya kena ITP sdh 7 bulan ini,usia 53th dan sdh melakukan tahapan pengobatan sampai splenectomi (pengambilan Limpa) krn respon dr obat2an tidak ada, bahkan sdh diberi Imunoglobulin (GAMARAS) klo ditotal selama 7 bln ini sdh lbh dr 100 vial.Stelah di ambil limpanya ternyata jumlah platelet tdk lgs bisa naik bahkan angka disekitar 20-30ribu. Saat ini diberi Prednisolon dan except yg mengakibatkan kadar gula naik smpai rata2 200-250,pdhl sebelumnya tdk pernah kena penykt gula.
    Mengapa platelet susah sekali naiknya Dok? sedangkan Limpa sdh diambil, secara logika apabila limpa tdk ada berarti platelet bs langsung naik krn tdk ada yg meng-screaning..
    Mohon penjelasannya. Trimakasih

  11. Dok, anak sy 6 th menderita itp, 4 bln yg lalu sudah ada terapi obat dan biru-biru di badannya hilang, tapi sebulan kemudian timbul lagi dan sering mimisan. Yang ingin sy tanyakan, kenapa ya dok kok biru-biru dibadannya timbul lagi? , apakah penyakit ini bisa kambuh lagi walau sudah dinyatakan sembuh?, apakah penyakit ini sangat berbahaya ?. Terimakasih

  12. saya menderita ITP semenjak kecil,, saya sering ada memar di tubuh akibat benturan yang tidak terlalu keras. intina saya mudah memar dan mimisan. awal na saya tidak tahu kena ITP, tapi waktu smp saya di BMP dan ketahuan ada ITP, semenjak itu saya minum obat medrol, tapi obat itu sungguh menyiksa,. jadi saya beranikan diri tidak minum lagi..
    saya berserah saja..
    sekarang saya sudah 21 tahun, dan kuliah di UNDIP. walupun saya terbatas dalam kondisi tubuh saya ini, saya tetap bersyukur dan punya semangat utk berjuang..
    jadi saya ingin membagikan semangat hidup ini..
    terus berjuang apaun kesulitan yang kita hadapi..
    Tuhan pasti memberkati kita..
    Puji Tuhan,,

  13. Saya (38 th),bulan Januari lalu saya menderia ITP, jumlah trombosit turun sampai 2000, dan sampai sekarang saya masih mengkonsumsi prednison 4mg/hr dan immunosuppresan 50 mg 3xsehari.Saat ini trombosit sudah kembali normal. Mungkinkah saya terbebas dari konsumsi obat ini mengingat efek sampingnya pasti ada, sampai kapan ya dok.Terima kasih atas jawabannya

  14. Dok tolong ya dokter yang cocok menangani ITP kl bisa yang di Bandung, kakak saya umurnya 40 thn perempuan juga didagnosa ITP. Serta apa tindakan yang diperlukan. Thank ya….

  15. Saya ingin share pengalaman tentang ITP yang menyerang anak saya yg berumur 3,7 tahun (laki-laki). tgl 7 april 2009 anak saya di diagnosis dokter terserang ITP karna dibadannya muncul bintik-bintik merah dan ditulang kering kaki muncul lebam-lebam. malam itu juga anak saya langsung dirawat d RS dan di transfusi trombosit sebanyak 3 labu (karena waktu itu trombositnya tinggal 6000), tapi keesokan harinya hasil transfusi tidak menunjukan penambahan jumlah trombosit, baru hari kedua setelah transfusi terlihat jumlah trombositnya menjadi 38000. besoknya naik lagi jadi 66000 tapi esoknya lagi kembali trombositnya menurun secara perlahan hingga dalam 4 hari trombositnya sudah menjadi 9000 saja. Karena ditakutkan tejadi pendarahan akhirnya ditransfusi lagi sebanyak 5 labu, dan dua hari kemudian trombosit naik menjadi 25000. dengan berbekal nekat saya bawa pulang anak saya, dan benar saja dirumah anak saya trombositnya bisa naik hingga 128000 (setelah 11 hari dari transfusi yang kedua juga sambil dterapi oral dengan obat hexilon tablet 16mg/hari). tapi pada saat terapi hexilon dihentikan, trombosit anak saya kembali menurun (rentang waktu 9 hari trombosit turun sebanyak 110000 hingga tersisa 12000 saja). Saya bawa anak saya untuk dirawat di RS dan ditransfusi lagi sebanyak 2 labu.Tiga hari setelah transfusi (tgl 9 mei 2009) trombosit naik menjadi 86000 alhamdulillah, namun sambil diterapi lagi dengan obat medicson 16 mg/hari.
    semoga esok hari trombositnya kembali naik hingga dapat melewati batas minimum dan terus stabil berdiam disana. karena saya yakin anak saya terkena ITP kategori akut yang dapat sembuh dalam kurun waktu 4~6 minggu.

    Riwayat sebelum didiagnosa ITP:
    dua minggu sebelumnya terkena flu, kulit memerah seperti alergi dan hilang dalam dua hari. prediksi saya dari sanalah pemicu awalnya trombositopenia.

    Jika ada yang memiliki pengalaman serupa tolong share ke saya lewat e-mail ke kuyabatok_nike@yahoo.com

    semoga pengalman anak saya dapat menjadi informasi berguna bagi semua.

  16. karena anak saya masih kecil jadi saya tidak tau efek samping yang dirasakan anak saya dari medicson, Sebenarnya apa sih efk samping yang dirasakan? ada yang bisa menjawab?

  17. Alhamdulillah saat ini tgl (11 Mei 2009) trombosit anakku naik menjadi 164000. dia saya kasih propolis, medixon 16mg/hari, sari kurma

  18. Anak sy usia 4bulan, sejak kmrin dirawat di rmh sakit mitra kelapa gading dibwh pengawasan dr.vera krn didiagnosa positif ITP. Penanganan yg dilakukan adalah observasi dan pemberian obat medrol 3X sehari, bgmn proses anak saya sampai bs sembuh pd kasus ITP, saat ini trombosit nya 10rb.. Dan apakah ada efek samping setelah penggunaan medrol?

  19. Anak saya 5 thn,6 bulan ITP. Saya ud tinggalin obat2 krn ga ada efeknya. Juga sudah bosan tes darah. Jd patokan saya cuma biru2 di badan aja. Skr saya minumin spirulina (beli di toko herbal) 3×1, madu, klorofil 3x 1 sdm. Kadang2 saya minumin remufit,yaitu ekstrak daun saga (beli di apotik). Trus air rebusan daun ubi. Yang penting aman,gak biru2 lagi..

  20. Assalamualaikum…
    Istri saya (54th)menderita ITP sejak bulan Juni 2008, dan telah melalui semua tahapan penanganan ITP,antara lain trombofiferes,Gamaras dan terakhir Mabthera selain obat2 oral prednison dll… ini berlangsung selama 1 thn 4 bulan dan akhirnya istri saya tidak tertolong lagi.. karena trombosit drop sampai 4000 shg terjadi pendarahan di perut.. Oh ya istri saya juga sdh di splenektomi ( pengambilan Lympa ) tetapi tdak ada efeknya tetap rendah dibawah 50.000.
    Saya benar2 prihatin dg penyakit ini dimana smp skrng belum diketahui penyebabnya dan pengobatan yg pasti.
    Selama pengobatan kami telah berusaha semaksimal mungkin baik di dlm negri maupun di negara tetangga dan semua obat yg diberikan sdh yg nomor wahid dan ditangani oleh dokter2 ahli hematologi..

  21. saya berusia 16 tahun. baru saja didiagnosis mengidap ITP setelah mengalami pendarahan di hidung dan pencernaan, dan saya dirawat di RS selama 1 minggu. saat ini saya masih harus check-up dan masih bergantung pada obat2an seperti Medixon . yang ingin saya tanyakan : 1. Adakah cara agar saya bebas dari ketergantungan obat? 2. Apakah ITP benar2 bisa disembuhkan?

    untuk bpk Asep : medixon memiliki efek samping ke lambung dan juga menyebabkan pipi terlihat kencang (gemuk)

  22. apakah penderita ITP setelah sembuh bisa kabu lagi??

  23. saya berusia 16th,saat ini saya didiagnosa terkena ITP..saat ini saya dirawat di RS. Sebelumnya di kaki saya terlihat bintik merah di kaki. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah penyakit ini bisa disembuhkan? 2. Kira-kira obat apa yang bisa membantu menyembuhkan penyakit ITP ini?

  24. aq ibu muda,dr baby berumur 4 bln,.udah 2 kali MRS dgn Dx ITP,cuma d kasih kalmetason dan infus D1/4 aja,.trombosit naek turun,,terendah tromb 64 rbu,.d tangani Sp.A.
    yg ingin d tanykan
    1,apa mungkin anakq bsa sembuh tanpa obat?
    2,perlukah d lakukan BMP?
    3,apa mungkin anakq menjadi ketergantungan bla d beri dexa terus2an?
    beri saya masukan,berbagi pglaman,add aq d fb dengan nama vitria okta
    trims,.

  25. Menanggapi pertanyaan2 diatas, mungkin uraian dibawah ini bisa menjawab hal yang masih belum jelas.
    Memang ITP sampai saat ini belum begitu jelas penyebabnya. Ada yang mengaitkan dengan terjadinya infeksi virus, atau gangguan reaksi immunologis. Sehingga pengobatannya sampai saat ini belum memuaskan, karena dengan terapi yang sama pada beberapa orang tidak semuanya memberikan hasil yang baik.
    Sehingga untuk kasus seperti ini perlu pemeriksaan penunjang lain seperti BMP. Terapi dengan kortikosteroid biasanya maksimal 3 bulan, bila tidak ada respon yang baik harus dihentikan.

    Wassalam

  26. anak saya sekarang sudah sembuh dari itp nya dengan mengkonsumsi propolis.kalo ada yg bth info hub sy 081381905837,sebisa mungkin saya membantu dr pengalaman sy.trims

  27. anak sy usia 1,5thn dan menderita itp.trombosit slalu rendah.tapi puji tuhan sy diperkenalkan propolis oleh tetangga sy dan semenjak anak sy mengkonsumsi propolis trsbt trombositnya mnjdi stabil.skr sudah tidak mengkonsumsi obat dr doktr lg dan sy hanya memberikan propolis yang sangat baik krn tidak ada efek samping yg negatif,propolis berguna untuk menjaga kesehatan dr virus dlm tubuh.bila ada yg butuh info silahkan hub sy 08128882913,salam trakhir dr sy tetap semangat dan jgn menyerah trhdp penyakit.

  28. pengalaman anak saya usia 17 tahun menderita itp hingga saat ini minum obat cellcept dengan dosis lama2 ddikurangi pelan-pelan Alhamdullilah trombositnya naik trus trakhir check 287. ribu.. sejak divonis itp kami tidak pernah memberikan dia minum susu.. apakah ini juga yang menyebabkan dia membaik?…. tapi dengan kondisi trombosit yang naik itu dia sekarang cepat capek.mungkin dia sudah menderita lama tapi baru ketahuan 5 bulan yang lalu.. bagi penderita itp mudah2an saran saya ini bisa sebagai pertimbangan.. yaitu , hindari minum susu, hindari panas yang menyengat, capek dan stres.. mudah2an bermanfaat.

  29. anak saya juga kena ITP, usia 1,5 thn.saya juga seperti sodara yang lainnya, kebingungan dengan penyakit ini kenapa tidak kunjung sembuh.akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan obat herbal alami namanya PROPOLIS.puji Tuhan sampai sekarang trombositnya selalu bagus.saya hanya mengimani saja bahwasanya Tuhan adalah penyembuh diatas segalanya.jadi tetaplah bersyukur apapun yang kita hadapi dan berusaha untuk mencari info sebanyak banyaknya.jangan menyerah.ohya kalo ada yang mau mencoba propolis ini boleh liat di blog saya fredypropolis.blogspot.com atau 0812 888 2913, Tuhan Memberkati

  30. saya tiga tahun yang lalu dari hasil pemeriksaan lab menurut dokter terkena ITP. Setelah dilakukan pemeriksaan lengkap ternyata saya terkena lupus dan diberikanpengobatan berupa steroid obat medrol. Tapi setelah tiga tahun saya sudah tidak kuat dengan efek samping dari pengobatan tersebut dan mulai menghentikannya selama 9 bulan terakhir. Alhamdullilah yang saya rasakan selama penghentian obat yaitu saya merasa lebih baik dan jarang ada keluhan sakit. Hanya memang terkadang tubuh masih terasa pegal dan biasanya saya berikan koyo dan istirahat. Saya menghindari untuk minum obat-obatan kimia, terkena panas langsung dan stress. mudah2an keadaan ini bisa terus berlangsung.

  31. apa iya anakku kena ITP,usianya 4,4 t
    hn,cewek

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,520 other followers

